Kamis, 11 April 2013

Cahaya

lanjutan postingan :)
Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. [2][3] Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Kedua definisi tersebut merupakan sifat yang ditunjukkan cahaya secara bersamaan sehingga disebut "dualisme gelombang-partikel". Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika, merupakan area riset yang penting pada fisika modern.
Cahaya dibutuhkan makhlu hidup terutama berasal dari cahaya matahari. Cahaya atau sinar matahari merupakn sumber energi terbesar di dunia. Sinar matahari tidak akan pernah habis meskipun setiap makhluk hidup memanfaatkannya secar maksimal dengan cra apa pun.
Cahaya juga diperlukan oleh manusia untuk membantu untuk pembentukan vitamin d dari provitamin D. sebagai satu bahn kajian; mengapa orang yang hidup di daerah yang intensitas sinar matahari tinggi, memiliki postur tubuh yang tinggi dan kuat? Intensitas cahaya yng tinggi membantu untuk memacu pembentukan tulang. Selain factor genetic dan intensitas cashaya, olahraga dan makanan yang sehat, aan mempengaruhi pembentukan tubuh yang kuat dan sehat.
Cahaya sangat penting bagi semua makhluk hidup, khususnya bagi tumbuhan. Cahaya (sinar)  matahari akn membantu proses fotosintesis. Cahaya matahari sebagai sumber energy, akan diubah menjadi energy kimia melalui proses fotosintesis. Hasil fotosintesis dapat dimanfaatkan oleh organisme herbivore atau langsung dipakai untuk keperluan hidup tumbuhan sendiri. 
SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar: